BERBAGI DENGAN ADIK-ADIK PULAU KOMODO LEWAT LOMBA BLOG PEGIPEGI

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur - www.komodotrip.co.id

Keindahan Pulau komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sudah tidak dapat diragukan lagi oleh dunia, mengingat Pulau komodo termasuk dalam New 7 Wonders of Nature pada tahun 2012 & merupakan Situs Warisan Dunia / World Heritage UNESCO, pada 1986. 

Awalnya keberadaan komodo, pada 1910 ditemukan oleh armada kapal Belanda di Flores, yang menemukan makhluk misterius diduga "Naga", selanjutnya pemerintah Belanda menindaklanjuti penelitian atas hewan tersebut (komodo). Pada tahun 1912, ilmuan zoologi asal Belanda, mempublikasikan tentang keberadaan komodo, dengan menjulukinya sebagai kadal rasaksa "Varanus Komodoensis". Tahun 1915, pemerintah Belanda akhirnya menetapkan pulau Komodo sebagai wilayah konservasi alam, dengan total luas sejumlah 1.817 km², dan hingga saat ini diwilayah Taman Nasional Komodo hidup 2.500 ekor komodo, yang tersebar dibeberapa tempat, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.

Pink Beach - www.traverlsparks.com

Jika berkunjung ke Pulau Komodo, kita bukan saja dapat melihat komodo, loh! karena selain komodo banyak juga hewan lainnya, karena di Taman Nasional Komodo terdapat 277 spesies hewan, dan 25 spesies hewan tersebut diantaranya sudah tergolong hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang saat ini kian sedikit. Selain itu, masih banyak keindahan lainnya yang dapat kita lihat disana, yakni pemandangan sekitar pulau komodo yang didominasi dengan padang rumput savanna, hutan hujan, pantai berpasir putih, terumbu karang dan pantainya yang masih jernih. Perairan Pulau Komodo juga merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, karena memiliki banyak biota laut, yakni terdapat 385 spesies terumbu karang, berbagai jenis ikan, hutan mangrove & rumput laut, dll.


Gua Cermin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur - https://benyaminlakitan.files.wordpress.com

Selain itu, jika mengunjungi Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pink Beach di Flores, yakni pantai dengan pasir berwarna PINK! dan Labuan Bajo, yang merupakan pelabuhan bagi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo, dimana melalui pelabuhan tersebut pula kamu dapat mengunjungi beberapa pulau sekitar, seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu, selain itu di Labuan Bajo juga terdapat tempat wisata Gua Batu Cermin, dan masih banyak tempat indah lainnya yang bisa kamu kunjungi disekitar Pulau Komodo!

Bukan saja keindahan pulau Komodo, budaya dan keramahan penduduk lokal, dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Pulau Komodo. Pulau Komodo, dihuni oleh penduduk suku Komodo, dengan jumlah 2000 penduduk saja loh, mayoritas dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. Disini, pengunjung juga dapat menyaksikan Ladida, yakni tradisi sakral dari pulau Komodo.


Untuk menuju ke Pulau Komodo sendiri, terdapat beberapa jalur transportasi yang bisa kamu pilih, salah satunya melalui jalur udara, yakni dengan pesawat. Dengan membeli tiket pesawat untuk rute penerbangan Jakarta - Bali / Jakarta - Bali - Kupang. Jika melalui Bali, kamu harus naik pesawat kembali dengan rute Denpasar - Labuan Bajo (Pintu masuk Taman Nasional Komodo), dan apabila kamu memilih rute Kupang, kamu bisa langsung menuju ke bandara Komodo Flores.

Sedangkan, untuk penginapannya tenang saja... disekitar Taman Nasional Komodo banyak terdapat hotel kok, jadi kamu tidak usah khawatir. Dan usahakan untuk melakukan reservasi hotel sebelum kamu sampai di Labuan Bajo, karena ramainya turis di kawasan tersebut. selain itu, beberapa hotel juga menyediakan breakfast dan antar jemput gratis dari serta ke bandara udara.

.............................

Jika melihat segala keindahan dari Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur diatas, yang bak surga dunia, mungkin kamu semua tidak percaya dengan keadaan masyarakat Pulau Komodo.

Nusa Tenggara Timur dengan berbagai tempat pariwisatanya, seperti keberadaan Pulau Komodo yang menyandang New 7 Wonders of Nature & World Heritage UNESCO, tidak dibarengi dengan kesejahteraan penduduk & memadainya kondisi pendidikan di Pulau Komodo dan sekitarnya, yang masih memperihatinkan. Mulai dari minimnya fasilitas sekolah hingga pada keterbatasan tenaga pengajar/guru, baik didalam maupun disekitar kawasan Taman Nasional Komodo. selain itu, fasilitas sekolah seperti perpustakaan dan laboratorium pun belum ada sama sekali! bahkan beberapa sekolah masih ada yang kekurangan ruang kelas, yang kemudian menghambat kegiatan belajar-mengajar adik-adik. Nusa Tenggara Timur sendiri termasuk pada propinsi dengan tingkat pendidikan terendah nasional.

adik - adik Pulau Komodo - http://www.tempo.co/

Khusus di Pulau Komodo, 80% masyarakatnya tidak bersekolah dan hanya terdapat satu SD & SMP, dan keduanya berada pada 1 atap. karena tidak ada SMA di Pulau Komodo, maka adik-adik harus melanjutkan jenjang pendidikan SMA di Labuan Bajo. Sedangkan, jalur yang dapat ditempuh hanya melalui jalur laut, dengan jarak tempuh 3 jam jika menggunakan kapal biasa, atau 45 menit menggunakan speed boat, dilanjutkan dengan berjalan kaki, yang masih cukup jauh. untuk fasilitas penunjang pendidikan di Pulau Komodo sangatlah minim, kurangnya buku pelajaran, buku bacaan, buku tulis & alat tulis sekolah. Jika hal ini terus berlanjut, penduduk asli Pulau Komodo seterusnya hanya bisa jadi penonton atas kekayaan Pulau Komodo, tanpa ikut menikmati hasilnya.

aktivitas Volunteer di Pulau Komodo - www.Travelsparks.com

Oleh karena itu melalui #BukanSekedarTraveling, saya ingin melihat sisi lain dari  Pulau Komodo sebagai  New 7 Wonders of Nature & World Herigate UNESCO, dengan berbagi untuk adik-adik di Pulau Komodo, misalnya memberi bantuan buku, alat tulis, ikut mengajar (volunteer), bermain bersama adik-adik disana & berbagi pengalaman untuk memotivasi mereka. untuk mewujudkannya sendiri tentu sulit, oleh karena itu bersama dengan Alexander Thian @Amrazing, sebagai seorang blogger yang sudah memiliki banyak followers baik di akun blog, twitter, instagram dll, ia dapat mengajak masyarakat melalui tulisannya tersebut untuk ikut berbagi dengan adik-adik di Pulau Komodo, melalui sumbangan berupa buku bacaan, buku tulis dan alat tulis sekolah. Dan, selanjutnya saya berharap melalui informasi tersebut akan muncul teman-teman yang dapat bersedia membantu adik-adik di Pulau Komodo, baik sebagai tenaga pengajar (Volunteer) atau donatur untuk membantu sekolah disana

Melalui #BukanSekedarTraveling, semoga para traveler bisa lebih aware dengan keadaan di lokasi wisata yang ia kunjungi, dimulai dengan melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah ditempat sampah dan menjaga kebersihan sekitar tempat wisata.





P.S: Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog pegipegi: #BukanSekedarTreveling, yang diadakan oleh pegipegi.com


Share:

10 komentar

  1. tempat yang begitu indah ☺
    kapan bisa kesana ya :v

    btw semoga menang sist xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang tempatnya indah bgt, sayang tp penduduk disana masih kurang sejahtera :(
      Haha ikut aja lomba blognya siapa tau bisa menang hihi


      amin.. amin.. makasih ya xD

      Delete
  2. Semoga bisa ke sana! Semangat, Kak. :D


    http://www.cewealpukat.me/

    ReplyDelete
  3. wah, pegipegi lagi gencar ya..
    hmm, pulau komodo bisa jadi destinasi tersendiri :)

    ReplyDelete
  4. waaa....lihat komodonya seru juga yaa :D

    ReplyDelete
  5. Gimana ya caranya supaya bisa ikut volunteer gitu? ada forumnya kah? atau ketika kita travel misalnya aku ke Jogja langsung aja jadi volunteer?
    Oh iya aku liat di komen sebelumnya mengenai "kurang sejatera" itu gimana keadaan di sana?
    Enak deh baca tulisannya haha ga bosen..

    ReplyDelete

TOLONG JANGAN MASUKAN LINK AKTIF. TERIMA KASIH ๐Ÿ™‚