K-FOOD FAIR 2015 @ MALL KOTA KASABLANKA, JAKARTA

Hallo Everyone! pada tanggal 17 Oktober 2015 saya diundang untuk menghadiri acara K-FOOD FAIR 2015 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. K-FOOD FAIR atau KOREAN FOOD FAIR digelar secara global dibeberapa negara yakni Malaysia, Indonesia dan Dubai. Sebenarnya K-FOOD FAIR sudah sering terlaksana dibeberapa negara, tapi untuk Indonesia ini merupakan pameran yang pertama.

Bukan cuma drama, budaya dan girl band / boy bandnya aja tapi saat ini makanan Korea juga udah mulai banyak yang suka loh. Nah karena saat ini makanan Korea udah banyak disukai, maka makanan-makanan Korea sudah mulai merambah pasar Indonesia. Tapi karena 87% mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, "Korea secara khusus berusaha sebaik mungkin untuk agar dapat menyajikan ragam makanan Korea halal yang dapat dikonsumsi oleh konsumen Indonesia" ungkap Jae Su Kim, selaku presiden aT (Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation).


Sebagai penanda terjalinnya hubungan baik antara Korea dan Indonesia selama 42 tahun. Di acara K-FOOD FAIR 2015, warga Indonesia dan Korea bersama-sama membuat kimbap (makanan khas korea) sepanjang 42 meter loh! Kimbap sendiri merupakan nasi yang dibalut rumput laut dengan isi bervariasi, kimbap biasa dikonsumsi saat piknik atau sebagai makan siang. 


Setelah selesai kelas memasak kimbap, para pengunjung bisa langsung mencicipinya Kimbap yang dibuat bersama. Rasa kimbapnya enak dan sehat karena isiannya ada wortel dan zucchini, paling suka sama nasinya yang pulen... sayang saya cuma kebagian 2 potong karena langsung habis diserbu pengunjung


Selain itu disini pengunjung juga bisa mencoba berbagai macam makanan lain yang sudah disediakan di booth khusus yang menyajikan makanan Korea yang sudah memiliki sertifikat halal. Bukan cuma booth makanan saja, disini kita juga bisa berfoto menggunakan Hanbok (baju tradisional Korea), main permainan tradisional Korea dan belajar membuat origami bentuk Hanbok.


Saya sendiri tidak sempat mencoba Hanbok dikarenakan antriannya yang sangat panjang . Oiya berikut beberapa sample makanan yang saya coba...

Neo Crispy Roll
Snack yang menurut saya hampir mirip momogi haha, tapi rasanya light, lebih crispy dan padat, isiannya sendiri adalah krim vanilla.

Toppoki
Toppoki adalah salah satu Korean street food, terbuat dari kue beras yang dicampur dengan saus pedas. Tekstur kue berasnya kenyal dan rasa sausnya enak, pedasnya pun masih standar untuk lidah Indonesia.

Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, yang terbuat dari campuran sawi putih, lobak dan bubuk cabai yang kemudian difermentasi. Kimchi sudah menjadi makanan wajib sehari-hari di Korea, biasanya kalo makan baik itu makan siang atau malam biasanya pasti ada kimchi sebagai side-dishnya

beberapa produk makanan halal Korea
Korea sendiri tidak main-main dalam menyajikan makanan halal. Karena makanan Korea halal sudah disertifikasi ole Korea Muslim Federation (KMF), yang merupakan satu-satunya organisasi sertifikasi halal di Korea. Sertifikasi KMF telah mencapai kesetaraan dengan JAKIM di Malaysia. Saat ini, KMF juga sedang memproses untuk memperpanjang sistem cross-certification dengan MUI Indonesia.

Beberapa makanan Korea ada yang khusus dibuat secara halal loh, seperti Shin Ramyun, mie kemasan Korea yang sudah sering kita lihat di supermarket di Indonesia ternyata halal. Sebenarnya Shin Ramyun tidak halal karena mengandung pork, tapi khusus pasar negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam seperti Indonesia, Malaysia dan Dubai dibuat Shin Ramyun yang tidak menggandung pork loh! tempat produksi / pabriknya pun dibedakan.

Sebagai bentuk promosi K-FOOD yang sudah mulai merambah kemakanan halal. Korea juga membuat mini drama tentang makanan halal, kalian bisa tonton dramanya disini


Buat kamu yang ga sempet dateng ke acara K-FOOD FAIR 2015, mungkin bisa datang diacara K-FOOD FAIR tahun depan ya! kapan lagi bisa nyicipin berbagai makanan Korea dan mengenali budayanya .


more info
Every culinary review whether I'm sponsored or not, its truly 100% based on my opinion

Share:

4 komentar

  1. Kayaknya enak2 ya makanannya... mau dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ntr dateng aja ke K-FOOD FAIR tahun depan ya hehe :p

      Delete
  2. Sayang banget kamu ga sempet coba pakai Hanbok.. Padahal kayaknya lucu /lah/
    Toppoki udah banyak dijual di supermarket yang kemasan, tapi keliatannya beda sausnya sama yang kamu makan deh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Males ngantrinya huhu, iya lucu banget banyak modelnya juga mirip kayak di historical drama Korea.
      Iya ini sausnye lebih creamy dan kaya ada campuran kejunya enaaak~

      Delete

TOLONG JANGAN MASUKAN LINK AKTIF. TERIMA KASIH ๐Ÿ™‚