FIRST DAY IN SOUTH KOREA: GYEONGBOKGUNG PALACE & NAMSAN TOWER, SEOUL - THE ANANDIC

May 10, 2017

FIRST DAY IN SOUTH KOREA: GYEONGBOKGUNG PALACE & NAMSAN TOWER, SEOUL

Korea Selatan, sekarang siapa sih yang ga tau negera yang satu ini? Semua orang pasti tau Korea dari drama dan musiknya, K-pop. Perkembangan dunia hiburan Korea tersebut secara tidak langsung telah meningkatkan pariwisata Korea Selatan, hal ini ditandai dengan banyaknya turis asing yang berwisata ke negara tersebut. Saya sendiri berkesempatan untuk mengunjungi Korea Selatan selama tiga hari pada awal musim semi lalu.

Korea Selatan sendiri bukan termasuk negara besar, dengan luas 100.210 km² Korea Selatan memiliki ukuran lebih kecil dari pulau Jawa yang seluas 126.700 km². Oleh karena itu tiga hari dirasa cukup untuk menjelajahi negara yang satu ini.
Pada hari pertama jadwal tur saya adalah mengunjungi Gyeongbokgung palace, Namsan tower, Nami Island dan Mt. Seorak. Khusus untuk Gyeongbukgung palace dan Namsan tower terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Kedua tempat tersebut juga merupakan lokasi wisata wajib yang dikunjungi oleh wisatawan asing.


Gyeongbokgung Palace (경복궁) memiliki arti tempat yang sangat diberkati oleh surga. Istana ini juga sering disebut dengan Istana Utara karena terletak dibagian paling Utara Korea Selatan. Selain itu Gyeongbokgung Palace juga merupakan salah satu istana terbesar bila dibandingkan dengan lima istana lain di Korea Selatan.
Letaknya yang tepat di jantung ibu kota Seoul membuat Gyeongbokgung Palace menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari dalam gerbang istana kita dapat melihat gunung Namsan dan gunung Bugaksan yang mengelilingi istana, selain itu diluar gerbang kita dapat melihat kota Seoul. Pemandangan ini membuat kita dapat melihat kontrasnya perbedaan kota Seoul dulu dan kini.
Selain melihat kastil serta pemandangan disekitarnya, kita juga dapat belajar mengenai sejarah Korea dan melihat cherry blossom / sakura atau dalam bahasa Korea adalah beojkkoch (벚꽃), serta berfoto menggunakan Hanbok dengan latar istana.

Setelah berkeliling Gyeongbokgung palace saya menuju lokasi / restaurant untuk melakukan makan siang. Tentu belum nikmat jika mengunjungi Korea Selatan bila tidak menikmati hidangan khas negara ini, yakni Bulgogi.
Bulgogi (불고기) adalah hidangan olahan daging asal Korea. Bumbu yang digunakan untuk Bulgogi adalah kecap asin dan gula serta rempah lainnya. Bulgogi ini sangat nikmat bila disajikan saat masih panas dan dimakan bersama dengan nasi hangat. Oiya rasa dan potongan daging yang digunakan pada bulgogi ini hampir sama dengan makanan Jepang Yakiniku. Setelah makan siang tur dilanjutkan dengan mengunjungi Namsan Tower.
Namsan Tower atau Seoul Tower merupakan menara komunikasi dan observasi yang terletak di puncak gunung Namsan. Oleh karena itu akses jalan ke tower ini lumayan melelahkan karena kita harus berjalan kaki di kontur tanah yang menanjak, namun hal ini terbayarkan dengan pemandangan kota Seoul yang dapat kita lihat dari atas tower. Selain berjalan kaki, Namsan Tower juga dapat ditempuh dengan perjalanan 3 menit menggunakan Namsan Cable Car, jadi buat kamu yang tidak kuat berjalan kaki bisa menggunakan Cable Car ini.
 Namsan Tower sendiri sudah dibangun sejak 40 tahun yang lalu, dan hingga saat ini merupakan salah satu bangunan tertinggi di Korea Selatan. Namsan Tower saat ini menjadi salah satu simbol ikonik kota Seoul yang banyak dikunjungi oleh para pasangan muda-mudi Korea.
Di Namsan Tower terdapat beberapa spot favorit yang bisa kamu kunjungi, misalnya seperti love lock dan Teddy Bear musem. Love lock merupakan tempat dimana setiap pasangan menggantungkan gembok yang berisi love wish mereka, tempat ini adalah spot foto menarik di Namsan Tower. Oiya bagi kamu yang ingin ikut menggantungkan love lock-mu, di Namsan Tower tersedia toko sovenir yang menjual gembok bagi pengunjung yang ingin menuliskan love wishnya. Memasuki lokasi love lock pengunjung tidak harus membayar biaya masuk alias gratis, biaya masuk dikenakan apabila pengunjung ingin masuk kedalam tower

Tips bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat tersebut adalah gunakan alas kaki yang nyaman, karena kontur tanah di Gyeongbukgung Palace tidak rata, selain itu akses menuju Namsan Tower juga menanjak.

Admission fee:
Adults (ages 19-64): 3,000 won / Groups (10 people or more): 2,400 won
Children (ages 7-18): 1,500 won / Groups (10 people or more): 1,200 won

 
N Seoul Tower
N Seoul Tower Observatory Admission fee:
Children (Ages 4-12): 3,000 won/ Teens and Adults (Ages 13-64): 8,000 won / Senior (Ages 65+): 5,000 won

15 comments:

  1. Cerita dong biaya biaya kesananya, pingin jugaa cuma belum ada rejeki ke korea!! hahaha jadi suka bgt korea karena keracunan dramanya nih! cantik ya pemandanya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya next post aku bakal ceritain biaya sama tips2nya Nad. Haha emang deh buat cewe-cewe drakor racun bgt yaaa

      Delete
  2. Enak banget Mba, bisa jalan2 di KorSel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Alhamdulillah dikasih rezeki dan kesempatan buat jalan kesana ^^

      Delete
  3. Makasiih sharingnyaa mbaaak. Bookmark duluu yak :D hehehe insya Allah taun ini ke sana :D Aamiin. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin >< nanti aku juga mau post tips2nya mba lucky, btw kesananya pake travel atau backpaker?

      Delete
  4. ahh ya ampun kalau denger kata-kata bulgogi jadi inget sama bangtan.. hehe *efek fangirls*

    ReplyDelete
  5. Ah Bulgoginya nikmat banget keliatannya hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa dagingnya empuk dan juicy sekaliii

      Delete
  6. ya ampun impian banget kesini pengen ketemu bangtan:( enak banget ya kak bisa jalan-jalan kesana. Share boleh harga-harga makanan dan masuk tempat wisatanya berapa klo dirupiahin? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah fangirl detected haha ><. Iya mba nanti di post selanjutnya aku share harga dan tips triknya ke korea hihi. stay tune terus yaa hihi :)

      Delete
  7. huhuhuhu Seriusan mupeng banget deh. Aku pengen ke sana tapi ga kesampaian juga :(
    sediiiih bangeeeeetttt!!!!
    pas ke sana harga tiket mahal ga di?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake travel han tapi tiketnya lumayan murah karena saat itu lagi ada promo Garuda Travel fair ^^

      Delete
  8. Noted mbak, kalau suatu saat bisa ke Seoul berarti harus ke Gyeongbokgung Palace, ya. Pemandangannya bisa kontras gitu, bangunan tradisional sama gedung-gedung melebur. Kereeen, cakeeeep!!

    ReplyDelete