MENIKMATI JERNIHNYA LAUT PULAU SAMALONA, MAKASSAR, SULAWESI SELATAN

Makassar sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Selatan menawarkan segudang tempat wisata, mulai dari wisata keluarga seperti Trans Studio Makassar (TSM), wisata kuliner dan wisata pantai. Biasanya yang pertama kali terpikirkan oleh orang mengenai wisata pantai di Makassar adalah Pantai Losari, namun ternyata terdapat wisata pantai lain yang bisa kamu explore seperti pantai di Pulau Khayangan, Pulau Lae-Lae, Pulau Keke, dan Pulau Samalona.
Perahu Motor, Alat Transportasi ke Pulau Samalona | © Anandic
Untuk menuju pulau-pulau tersebut kamu harus menggunakan perahu motor. Jasa sewa perahu motor bisa ditemukan di Dermaga Kayu Bangkoa yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari. Biaya untuk sewa perahu motor sendiri bervariasi, tapi standarnya penyewaan perahu dikenakan Rp 500.000 - akan lebih murah jika pengunjung pandai menawar. Perahu motor sendiri mampu untuk menampung hingga 10 orang, namun jika kamu sendirian kamu bisa bergabung dengan penumpang lain yang satu tujuan, tentu dengan harga sewa berbeda. Waktu saya kesini bersama keluarga (6 orang dewasa dan 2 anak kecil) dikenakan biaya sewa perahu Rp450.000.
Dermaga Perahu Pulau Samalona | © Anandic
Diantara pulau-pulau tersebut saya mengunjungi Pulau Samalona. Jarak antara dermaga Kayu Bangkoa dengan Pulau Samalona adalah 2 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ketika sampai di Pulau Samalona kita akan disambut dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Saking jerninya, pengunjung bisa melihat karang dari atas perahu.
Bibir Pantai Pulau Samalona | © Anandic
Pulau Samalona merupakan pulau kecil dengan luas hanya 2 hektare, oleh karena itu pengunjung mampu untuk mengexplore pulau ini hanya dalam waktu 15 menit. Namun meskipun kecil, pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata seperti penginapan, toilet, kamar bilas, kedai serta tempat sewa alat diving dan snorkeling. Harga sewa alat diving dan snorkeling sendiri berkisar antara Rp50.000 - Rp100.000, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar. 
Rumah Panggung (Rumah Tradisional Bugis) | © Anandic
Bagi pengunjung yang ingin menginap di Pulau Samalona terdapat beberapa model penginapan seperti villa, kamar dan rumah panggung (rumah tradisional Bugis). Harga penginapan di Pulau Samalona berkisar Rp250.000 - Rp500.000.
Sedangkan bagi pengunjung yang tidak ingin menginap dan tidak membawa tikar, namun tetap ingin bersantai di tepi pantai bisa menyewa saung. Harga sewa saung di sekitar Pantai Samalona adalah Rp50.000. (tidak ada batasan waktu)
Anak - anak Pulau Samalona | © Anandic
Pengunjung yang ingin menggunakan toilet atau membilas diri sehabis berenang di pantai bisa menggunakan toilet yang banyak tersedia di Pulau Samalona. Toilet tersebut dijaga oleh anak-anak Pulau Samalona, dan untuk menggunakan toilet atau kamar bilas tersebut pengunjung bisa membayar Rp2.000 - Rp5.000 kepada mereka.
Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut membuat orang dewasa maupun anak-anak senang bermain di Pulau ini. Namun, sayangnya saat saya kesana ditemukan beberapa botol sampah plastik di sekitar pantai, semoga selanjutnya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samalona bisa turut menjaga kebersihan pantai tersebut.
Anak - anak Sibuk Main di Pantai | © Anandic
Bibir pantai dengan hamparan pasir putih yang luas membuat anak-anak betah untuk main pasir disini. Bahkan saking luasnya bisa dijadikan tempat untuk bermain voli pantai. Selain itu ombak di pantainya juga tidak terlalu besar, jadi aman apabila anak-anak bermain air.
Bintang Laut di Pulau Samalona | © Indonesia Kaya
Buat kamu yang suka diving dan snorkeling laut Pulau Samalona yang biru jernih sangat bagus untuk dijadikan spot diving dan snorkeling. Saking jernihnya, saya bisa melihat terumbu karang dari bibir pantai. Terumbu karang di perairan Pulau Samalona juga masih terjaga kelestariannya, jadi kamu bisa dengan jelas melihat keindahan biota laut tersebut.

Tips buat kamu yang ingin mengunjungi Pulau Samalona:

  • Datang pagi (sebelum jam 9) ke Pulau Samalona karena jika kamu datang siang hari akan panas sekali.
  • Pintar-pintar lah menawar saat menyewa perahu motor. Akan lebih baik jika kamu datang rombongan, agar bisa lebih murah.
  • Jangan lupa bawa air mineral dan makanan karena air mineral dan jajanan di Pulau Samalona lumayan mahal
  • Jangan lupa pakai sunblock atau sunscreen, karena mataharinya sangat terik.
  • Selalu sedia uang pecahan kecil Rp1.000, Rp2.000 atau Rp5.000 untuk membayar toilet atau kamar bilas.




16 komentar

  1. Aku belum pernah ke pulau ini. Doian bisa segera kesana ya mbk. btw, makash banget shringnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, kalo ke Makassar jgn lupa main ke pulau Samalona ya mba.

      Terima kasih jg udh mengunjungi blog ku 😊

      Delete
  2. wowwww..keren mbakkk...pasirnya putih yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa pasirnya putih dan lautnya jg biru jenih

      Delete
  3. Aku tinggal di Makassar tapi belum pernah ke samalona. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yuk main ke Pulau ini mba, mumpung deket ^^

      Delete
  4. wahh bisa masuk list buat jlan-jalan nih next time ke Makassar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalo ke Makassar jangan lupa main ke pulau Samalona ya ^^

      Delete
  5. airnya jerniiiih banget yaaa ndi!!!!
    bisa lihat-lihat banyak biota laut dengan mudah yaaa~
    pengen coba nyewa kapalnya deh~~ tapi mehong ya >.< hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Han! haha iya emang lumayan mahal tapi kalo kesininya rame-rame bisa jd murah kok ^^

      Delete
  6. senang banget ya ke pantai main pasir, di tambah dengan pemandangannya yang indah.. :)

    ReplyDelete
  7. Hi sist mau tanya. Alat snorkling bs disewa langsung di pulau, tp bagaimana dengan perahu untuk ke lokasi snorklingnya? Apakah harus sewa lagi? Atau menggunakan perahu yg sama dgn perahu motor yg digunakan utk menyebrang ke pulau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tanriana. Untuk lokasi snorkling hanya sekitaran pulau Samalona saja tidak ada lokasi khusus jadi tidak butuh sewa perahu motor. Semoga jawabannya membantu ^^

      Delete
  8. Numpang promo Mba,Bagi yang ingin berlibur ke pulau samalona cukup hubungi saya WA:085399996694 (ASRI) cukup dengan harga Rp.,400rb saya akan mengantar anda ke samalona, Terimakasih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih πŸ™‚