OLAMITA RESTO: JUARANYA HIDANGAN KHAS GORONTALO

Sumber
Kamu orang Gorontalo yang tinggal di Jakarta? Kangen dengan makanan khas Gorontalo? Kini di Jakarta terdapat resto khusus hidangan khas Gorontalo, yaitu Olamita Resto. Secara khusus resto ini menyediakan berbagai macam makanan khas Gorontalo secara lengkap dari ikan bakar sampai jajanan / makanan manisnya loh. 
Sumber
Olamita Resto sendiri letaknya sangat strategis, yakni sekitar 200m dari stasiun tebet, jadi buat kamu yang tidak tinggal daerah Jakarta Selatan bisa ke Olamita Resto menggunakan transportasi commuter line. Tempatnya juga lumayan luas, seatnya juga banyak, jadi cocok sekali untuk dijadikan tempat pertemuan keluarga. Selain itu parkiran mobil dan motornya juga lumayan luas.
Seperti halnya makanan Sulawesi lainnya, masakan Gorontalo banyak menggunakan ikan sebagai lauk utamanya. Selain itu perpaduan rasa masakannya ada gurih, pedas, asam dan manis. Beberapa menu yang saya cicipi di Olamita Resto, yakni ikan bakar dengan sambal, ikan kuah dan sop jagung. 
Bilenthango ikan goropa, yaitu ikan bakar khas gorontalo. Selain itu, ikan goropa juga merupakan ikan khas Gorontalo. Proses pembakarannya sendiri dibungkus dengan daun pandan, jadi wangi ikannya harum sekali. Selain itu, disajikan lengkap dengan sambal diatasnya. Meskipun tulangnya banyak, tapi daging ikannya sendiri lembut dan cocok sekali sebagai teman makan nasi putih. Oiya ikan goropa ini rasanya mirip dengan ikan bandeng.
Seperti makanan Sulawesi lainnya, tidak lengkap kalo makan ikan bakar tanpa sambal dan perasan jeruk nipis. Oiya jenis sambal yang ditawarkan ada sambal dabu-dabu dan sambal bawang mentah.
Selain ikan bakar, di Olamita Resto terdapat banyak varian menu ikan masak / ikan kuah. Saya sendiri sempat mencicipi ikan kuah bening dan ikan kuah santan dengan bumbu kuning.
Ilahe (Kuah Asam) adalah sup ikan bobara kuah bening dengan rasa asam alami dari belimbing wuluh. Rasanya yang clean dan asam-asam segar sangat enak untuk dimakan sebagai pendamping nasi putih.
Untuk yang mau mencoba ikan kuah dengan rasa yang lebih "berani", bisa mencicipi Pilitode Lobuyu, yaitu ikan cakalang asap yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu kuning. Rasanya yang gurih, dengan potongan ikan cakalang yang besar enak sekali bila dicampur dengan nasi putih.
Selain menu ikan masih banyak menu khas Gorontalo lainnya yang bisa kita temui di Olamita, salah satunya Bithebiluhuta, yaitu sup jagung bening khas Gorontalo dengan isian jagung, parutan kelapa, dan daun kemangi. Rasa kuahnya sendiri walaupun bening tapi sangat segar karena ada daun kemangi di dalamnya. Menu ini sendiri cocok untuk dimakan sama kamu yang vegetarian karena semuanya sayuran dan tidak ada daging ikannya. 

Saya sendiri sebagai orang Sulawesi masih jarang lihat makanan khas Gorontalo di Jakarta, dan Olamita resto dapat menjawab kerinduan orang Gorontalo akan masakan kampung halaman. Jadi buat orang Gorontalo atau familier dengan masakan Sulawesi, hidangan khas Gorontalo di Olamita Resto patut banget buat kamu cicipi.

Olamita Hidangan Gorontalo Menu, Reviews, Photos, Location and Info - ZomatoJl. KH. Abdullah Syarief No.51B
Tebet, Jakarta Selatan
Ph: 0856 141 4614


Every culinary review whether I'm sponsored or not, its truly 100% based on my honest opinion

8 komentar

  1. Replies
    1. Iya mas rasanya pun mantap apalagi kalo dimakan sama nasi dan ikan bakar.

      Delete
  2. Dekat stasiun Tebet? Kok gue nggak pernah tahu ya. (Harus dicari, nih.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba dkt stasiun tebet tepatnya dkt ujung flyover 😊

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih πŸ™‚