7 MAKANAN KHAS GARUT YANG WAJIB DICOBA SELAIN DODOL - THE ANANDIC

August 10, 2017

7 MAKANAN KHAS GARUT YANG WAJIB DICOBA SELAIN DODOL

Garut memang termasuk salah satu lokasi wisata alternatif bagi warga ibukota yang ingin menikmati suasana alam asri dan tidak didapatkan di Kota Jakarta. Tidak cuma memiliki banyak tempat wisata alam dan memiliki banyak hotel, Garut juga memiliki banyak potensi kuliner khas Garut dengan cita rasa unik dan tentunya lezat. Meskipun memiliki julukan sebagai Kota Dodol, bukan berarti wisata kuliner yang disajikan harus melulu berbahan pokok dodol. Lalu, kira-kira apa saja makanan khas Garut yang wajib kalian coba selain dodol? yuk cek daftar berikut ๐Ÿด


1. NASI LIWET
Nasi Liwet RM. Asep Strawberry |  Tripadvisor.co.uk
Ketika kalian sedang berlibur ke Garut dan ingin mencari rumah makan yang lezat dan mengenyangkan, kalian bisa mampir ke RM. Asep Strawberry yang berada di Jalan Raya Kadungora nomor 245, Leles Garut. Di restoran ini ada menu wajib yang kalian coba, yakni Nasi Liwet. Rasa nasinya yang lebih lezat dan kaya, dengan penyajian yang unik juga telah menarik perhatian para wisatawan. Selain itu, menu Nasi Liwet biasanya juga dilengkapi dengan lauk pauk Khas Sunda seperti tahu, tempe, lalapan, dan juga sambal. Penyajian dengan cara digelar di atas daun pisang dengan makan secara bersama membuat suasana makan kalian di rumah makan ini bertambah lezat karena dibarengi dengan kebersamaan. 

2. AWUG
Awug Beras Khas Garut | travel.kompas.id
Kalian tentu sudah tidak asing dengan panganan manis yang bernama putu, kan? Jika putu merupakan salah satu makanan khas dari Jawa, di Garut kalian akan menemukan versi putu dengan nama Awug. Meskipun sama-sama terbuat dari tepung beras dan diisi dengan gula merah, Awug memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan putu bambu pada umumnya, karena Awug berbentuk kerucut. Santaplah selagi masih hangat, karena Awug sangat cocok untuk suhu udara sejuk yang ada di Garut.

3. BAKSO ACI / BASO ACI
Bakso Aci | Foody.id
Jika bakso pada umumnya terbuat dari tepung dan daging, Garut mempunya baksonya sendiri yang unik, yakni Bakso Aci. Makanan ini adalah Bakso yang terbuat dari aci (tepung kanji) serta diisi daging, lalu disiram dengan kuah kaldu yang nikmat dan juga hangat. Rasa dari Bakso Aci ini mirip dengan panganan atau jajanan cilok karena terbuat dari tepung kanji yang direbus. Ketika berkunjung ke Garut, kalian tidak perlu khawatir tidak menemukan kuliner  ini, karena para penjualnya bisa ditemukan di sepanjang wilayah Garut dengan sangat mudah. 

4. ES GOYOBOD
Es Goyobod Alun-alun Garut | resepdanmasakan.com
Es Goyobod khas Garut ini merupakan minuman favorit para wisatawan. Minuman ini mirip dengan es campur, tapi yang paling membedakan dan membuat es ini unik adalah terdapat potongan tepung kanji yang disatukan dengan es campur tersebut. Meskipun Garut adalah tempat yang sejuk, terkadang segelas Es Goyobod di siang hari yang cukup terik bisa membuat harimu menjadi lebih baik lagi.

 5. SAMBAL CIBIUK
Sambal Cibiuk |  https://uniek88.wordpress.com
Sambal Cibiuk merupakan salah satu olahan sambal favorit di Jawa Barat. Rasanya sangat berbeda dengan sambal pada umumnya. Tidak hanya rasa, tampilannya juga sangat menggugah selera karena terbuat dari bahan-bahan berwarna hijau yang menyegarkan seperti cabai rawit hijau, tomat hijau, dan juga kemangi. Nah, kalau kalian sedang berada di Garut, rumah makan yang memiliki Sambal Cibiuk yang lezat dan populer adalah RM. Cibiuk-Garut.

6. OPAK BUNGBULANG
Camilan Opak Bungbulang
Berbahan dasar beras ketan, Opak Bungbulang merupakan salah satu camilan khas yang berasal dari Garut. Cara pengolahan opak ini adalah dengan dibakar di atas perapian. Dinamakan Opak Bungbulang karena camilan ini berasal dari daerah Bungbulang, Garut. Jika kalian ingin menyicipi camilan khas Garut tapi bukan dodol, mungkin Opak ini bisa kalian jadikan pilihan.

7. SOTO GARUT
Soto Garut Ahri | blog.epicurina.com
Soto boleh saja terkenal sebagai menu makanan khas dari wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, namun pernahkah kalian mendengar Soto Garut? Tidak jauh berbeda dengan tampilan soto pada umumnya, Soto Garut juga berisi daging sapi / ayam, kacang kedelai goreng, daun bawang dan juga kuah yang sangat gurih lengkap disajikan dengan nasi putih. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba Soto Garut kalian bisa mencicipinya di salah satu warung soto terkenal di Garut yaitu Soto Ahri. Hidangan ini tentunya cocok sekali jika disantap di tengah udara sejuk dan dingin yang ada di Garut.

Demikan beberapa daftar makanan Khas Garut yang populer dan harus kalian coba ketika berlibur ke Kota Dodol tersebut. Setelah puas menyicipi kuliner khas Garut, pastikan kalian juga menginap di tempat penginapan yang nyaman agar liburan kalian terasa semakin menyenangkan ya! ๐Ÿ˜Š

8 comments:

  1. Waa ... pengin nyobain soto Garut. Walau sudah dua kali ke Garut, tapi belum pernah makan sotonya. Kelihatannya enak banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba silahkan dicoba ntr jgn lupa share rasanya gimana ya ^^

      Delete
  2. Waktu itu ke kuliner wisata juga liat ada soto garut. Agak nyesel nggak mencicipi nih mba. Makasih tulisannya karena bisa jadi referensi kalau ke Garut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah event kuliner wisata dimana mba? semoga lain kali ada kesempatan ya mba Alida buat mencicipi Soto Garut.

      Terima kasih juga mba sudah main ke Blog ku ^^

      Delete
  3. Banyak yang ada di Garut ada juga di Bandung.
    Tapi soto Garut mesti banget dicoba nih. #ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, mungkin karena sama-sama Jawa Barat kali ya. Haha sama mba aku liat daging di Soto Garutnya juga ngilerrr

      Delete
  4. Wah makanannyaaa, enak-enak nih. Belum pernah nyoba semuanya, eh sudah nasi liwet aja, tapi nasi liwet nya Solo. Penasaran dengan sambal cibiuk nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo nasi Liwet Jawa dan Sunda bukannya agak beda ya mba? Ayo dicoba mba rasanya pedas-pedas segar hihi.

      Delete