LAKUKAN 5 HAL INI UNTUK MEMPERINDAH TAMPILAN BLOGMU


Ketika membuat blog yang terlintas dipikiranmu pertama kali pasti "mau diisi dengan apa nantinya blog ini? bagaimana dengan tampilannya?" dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Jujur saja awal saya membuat blog hanya sebatas iseng, namun lama kelamaan saya juga memikirkan hal tersebut. Kemudian akibat sering blog-walking ke blog orang lain membuat saya tertarik untuk fokus nge-blog, dari mulai otodidak mengutak-utik code html template blog, sampai belajar adobe photoshop dan fotografi. Percaya atau engga blog telah memberikan banyak manfaat untuk saya, bukan hanya dari segi materi tapi juga ilmu. 


Blog memang tempat yang pas bagi mereka yang ingin belajar menulis dan berbagi dengan orang lain. Sayangnya banyak orang yang terhambat untuk membuat blog karena mereka pikir kalau membuat blog itu harus diperlukan skill menulis, design, photography dan coding, padahal yang kamu butuhkan cuma NIAT untuk menulis, iya... NIAT. Namun, meskipun begitu beberapa teman ada yang ingin membuat blog tapi bingung cara mendesignnya, ada juga yang sudah punya blog tapi masih bingung mau diapakan karena mereka merasa blognya kurang bagus. Tapi tenang saja kamu dapat melakukan 5 hal ini untuk memperindah tampilan blogmu...

  • Tentukan dan sesuaikan template dengan tema blog, misalnya kamu bikin blog khusus untuk share mengenai makanan, maka lebih baik apabila kamu menggunakan template yang berhubungan dengan makanan dan masak memasak. Sedangkan untuk personal blog disarankan untuk menggunakan template yang clean dan simple, hal ini dilakukan agar blog terlihat rapih dan "enak" untuk dilihat, selain itu jika kamu menggunakan tampilan blog clean dan simple, tampilan blogmu akan terlihat lebih profesional. Berikut beberapa website penyedia template blog yang clean dan simple gratis: oddthemesbeautytemplatesbthemezgooyaabitemplatestemplatesyard, soratemplates, themexpose.
  • Sesuaikan header dengan tema blog, buatlah header blog dengan kata / slogan yang sesuai dengan isi blog dan merepresentasikan diri-mu. Jika tulisan blog-mu berfokus pada sharing seputar parenting atau berfokus pada kuliner, kamu bisa menggunakan slogan / deskripsi blog (header) terkait tema tersebut. Kamu bisa lihat inspirasi header dari blogger lain, berikut beberapa blog dengan header bagus dan merepresentasikan isi blog mereka, My Lovely Sister, dianarikasari, abowlofclover Sedangkan untuk membuat header kamu bisa menggunakan aplikasi photoshop atau canva
  • Jangan terlalu banyak widget. Widget yang digunakan cukup seperlunya saja. dan sebisa mungkin gunakan widget yang tidak loading secara terus-menerus, seperti jam, kalender dan musik. Pengunjung blog lebih tertarik untuk membaca dan mencari informasi, sehingga widget-widget tersebut tidaklah berguna, bahkan hanya akan membuat blog menjadi berat untuk dibuka. Perlu diingat bahwa semakin berat blog maka semakin malas orang untuk melihat blog kamu.


  • Gunakan font simpel yang mudah untuk dibaca seperti Arial, Times New Roman, Tahoma dll. Font yang simpel akan membuat pembaca nyaman membaca blogmu, sedangkan font yang sulit dibaca akan membuat pembaca malas untuk membaca tulisanmu. Selain itu font yang "ribet" juga akan membuat blogmu menjadi lama untuk diakses, karena font yang terlalu berat. 
  • Sertakan foto atau ilustrasi penunjang disetiap tulisan. Post blog yang terlalu penuh dengan tulisan tanpa ada ilustrasi akan membuat pembaca bosan membaca blogmu. Sesungguhnya mayoritas pembaca blog, menggunakan sistem scanning dalam membaca (jadi mereka hanya membaca apa yang mereka cari), untuk itu agar pembaca tidak "malas" untuk membaca blogmu ada baiknya bila kamu menyertakan foto atau ilustrasi penunjang. Tidak perlu mahir dalam fotografi atau design, kamu bisa mendapatkan banyak gambar ilustrasi di beberapa website foto free license berikut: kaboompics, negativespace.co, canva, stokpic.

Selain tampilan blog yang bagus, isi blog tetap menjadi yang utama. Jangan lupa untuk selalu menyisipkan sumber dalam setiap postingan apa bila menyadur dari sumber lain. Selain itu usahakan untuk konsisten dalam menulis, dijamin traffic blogmu akan cepat naik apalagi jika tulisan yang kamu bagikan sangat informatif dan membantu pembaca. Semoga post tentang 5 hal yang perlu kamu lakukan untuk memperindah tampilan blog ini berguna untuk-mu ya...


HAPPY BLOGGING💻


21 komentar

  1. nice ^^
    thx infonyaaa ..
    thx gambar2nyaa yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama-sama :)
      Makasih juga ya udah mampir :)

      Delete
  2. Replies
    1. hehe terima kasih mzz (lah emang muji)... --v

      Delete
  3. Replies
    1. Hai terima kasih sudah berkunjung, semoga postnya bermanfaat yaaa...

      Delete
  4. Bener banget mbak, kebanyakan widget memberatkan kecepatan blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaas, apalagi yang ada musik2nya duh kadang belum saya baca blognya udah saya close duluan :|

      Delete
  5. wah sangat memantu ini, apalagi lihat blog mbak yang rapi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya semoga bermanfaat postingannya ^^

      Delete
  6. terima kasih infonya yah kak. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih juga sudah mengunjungi blogku ya ^^

      Delete
  7. Sangat bermanfaat kak, thanks infonya...
    Salam kenal
    https://imasithoh80.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama terima kasih juga sudah berkunjung 😊

      Delete
  8. tampilan blog kmu bagus banget, aku kok susah banget yah ngotak-ngatik tampilan blog biar keliatan simpel begini. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak hehe. Sama aku juga awalnya susah mbak, tapi semenjak sering blog-walking sama cari-cari tutorial di gugel Alhamdulillah bisa belajar banyak. Btw, memang mbak pake WP atau Blogspot?

      Oiya, Terima kasih sudah berkunjung yaa

      Delete
  9. Makasih kak 🤗 udah bagi ilmunya, apalagi website2 buat nyari gambar free lisensi, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama maas semoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  10. Nah ... mencari template untuk blog yang pas itu memang PR tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak memang, aku sendiri kalo bosen terus mau cari template blog bisa sampe nyoba 5 template hanya dalam sehari...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih 🙂