HOW TO START A BLOG: 3 HAL YANG WAJIB DILAKUKAN UNTUK KAMU YANG INGIN MEMBUAT BLOG


Di zaman melenial seperti sekarang ini memiliki blog bukan sesuatu yang asing, malah saat ini banyak yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Tidak seperti waktu awal saya membuat blog, yaitu tahun 2008, saat itu masyarakat belum terlalu familiar dengan profesi blogger dan kebanyakan orang menganggap blog hanyalah tempat untuk curhat. Selain itu, banyak pula yang mengira bahwa orang yang memiliki blog adalah orang yang mengerti IT dan internet savy. Padahal sebenarnya tidak, siapapun dapat membuat blog dengan mudah loh.

Bagi kamu yang ingin berencana membuat blog dan fokus dalam dunia menulis, yuk simak tips cara membuat blog berikut!

πŸŽ” TENTUKAN NICHE BLOG
Menentukan niche (topik) adalah langkah awal dalam membuat blog. Mengetahui niche atau topik blog yang ingin kamu tulis bisa dimulai dari pertanyaan, "Mengapa kamu ingin nge-blog?" dari situ kamu bisa tahu topik apa yang ingin kamu tulis. Misalnya, bila kamu ingin nge-blog untuk alasan sharing seputar hobi make-up kamu bisa fokus ke review makeup dan skincare, berbagi make-up tutorial dll. atau bagi kamu yang hobi travel kamu bisa berbagi cerita jalan-jalan serta tips dan trik traveling ke tempat tersebut. 
sangat penting untuk menulis berdasarkan dari hal yang kamu sukai, karena bila kamu suka dengan topiknya maka kegiatan menulis pun akan menjadi menyenangkan
πŸŽ” PILIH BLOGGING PLATFORM
Jika kamu ingin memasak tentu kamu perlu untuk ke dapur, begitupun ngeblog kalo kamu ingin ngeblog kamu butuh platform blogging. Ada banyak platform blogging yang bisa kamu pilih, seperti WordPress, Blogger, Wix, Weebly dll. 

Hingga saat ini WordPress dan Blogger adalah platfrom yang paling banyak digunakan. Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. WordPress sendiri ada dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Untuk WordPress.com adalah platform yang biasanya digunakan untuk membuat blog, dengan subdomain (namablog.wordpress.com), terdapat beberapa paket WordPress, dari harga paket termurah yakni gratis (namun tentu dengan berbagai kekurangan) sampai paket business $429/tahun. Sedangkan WordPress.org adalah platform open source, kelebihan dari WordPress.org pengguna dapat mengelola website secara bebas, dari mulai tema, plugin dll. 


Sedangkan Blogger juga merupakan platform untuk membuat blog gratis namun dengan subdomain (namablog.blogspot.com). Untuk template sendiri, template gratis Blogger tidak terlalu banyak, namun kamu bisa mengubah dan mengeditnya sesukahati jika kamu mengerti HTML dan CSS.

πŸŽ” PILIH TEMPLATE DAN DESIGN BLOGMU!
Sebelumnya, kamu harus tau dulu apa itu template. Template adalah tampilan atau design halaman atau antarmuka blog, selain itu template juga bisa diartikan sebagai tema blog atau tampilan blog. Memilih tema blog merupakan salah satu hal penting apalagi bagi kamu yang ingin fokus ngeblog. Pilihlah template blog yang sesuai dengan niche (topik) blogmu, bukan hanya template dengan design  yang menarik, namun usahakan pula template tersebut membuat pembaca nyaman untuk membuka dan membaca tulisanmu. Berikut beberapa website penyedia template blog gratis: 

Sedangkan untuk mendesign blog bisa kamu lakukan dengan menambahkan widget dan ilustrasi foto atau gambar disetiap postingan blogmu. Hal ini dilakukan agar pembaca tidak bosan untuk membaca tulisanmu. 


Jika sudah menerapkan ketiga hal diatas, selanjutnya hal yang wajib kamu lakukan adalah konsisten dalam menulis. Jika kamu rajin menulis, maka akan mempengaruhi traffic atau jumlah kunjungan ke blog-mu juga. Selain itu, jangan lupa untuk blogwalking atau main ke blog orang lain dan meninggalkan komentar, bukan hanya bisa mendapatkan teman blog, kamu juga bisa promosi blogmu juga loh.

HAPPY BLOGGING! πŸ’»

4 komentar

  1. Tambah lagi mbak..
    Saat membuat jangan lupa melengkapi blog dengan informasi penulis, biar enak berinteraksinya dengan pembaca.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mas benar saya juga sering lihat banyak blogger yang lupa mencantumkan bio, terima kasih masukannya ^^

      Delete
  2. Sempat dag dig dug kok Mba Andi sudah lama ngga posting. Sehat selalu ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya aku akhir-akhir sedang malas posting (jangan ditiru) padahal draftnya banyak tapi untuk nulisnya mager banget mbak. Amiiin, semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya mbak ^^

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih πŸ™‚